𝐏𝐔𝐏𝐔𝐊 𝐍𝐈𝐓𝐑𝐎𝐆𝐄𝐍 𝐔𝐑𝐄𝐀 𝐃𝐀𝐍 𝐊𝐍𝐎𝟑 𝐏𝐀𝐃𝐀 𝐏𝐄𝐌𝐁𝐈𝐁𝐈𝐓𝐀𝐍 𝐓𝐀𝐍𝐀𝐌𝐀𝐍 𝐊𝐀𝐑𝐄𝐓 𝐃𝐀𝐋𝐀𝐌 𝐑𝐎𝐎𝐓 𝐓𝐑𝐀𝐈𝐍𝐄𝐑

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

Seperti yang sudah kita ketahui, bagaimana pemupukan anorganik memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman karet pada pembibitan dalam root trainer.

Salah satu faktor yang mempengaruhi efektivitas pemupukan anorganik tersebut adalah tepat dalam penentuan jenis pupuk.

Salah satu jenis unsur hara yang penting dalam mendukung pertumbuhan tanaman karet dan utamanya diberikan melalui pemupukan anorganik adalah Nitrogen.

Nitrogen merupakan hara esensial yang berhubungan dalam proses pembentukan protein dan klorofil daun serta dibutuhkan dalam jumlah yang besar.

Beberapa pupuk anorganik sebagai sumber Nitrogen yang sudah banyak digunakan pada tanaman karet adalah Urea dan KNO3.

Urea memiliki kandungan Nitrogen dalam bentuk NH4 sangat tinggi, yaitu 46 %, sedangkan KNO3 memiliki kandungan Nitrogen lebih rendah dibandingkan urea tetapi dalam bentuk NO3.

Urea dan KNO3 merupakan pupuk nitrogen yang mudah larut dalam air sehingga tepat digunakan pada pembibitan tanaman karet dalam root trainer yang memang secara umum pemupukan melalui akar diberikan dalam bentuk cair.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk Nitrogen urea dan KNO3 dalam bentuk cair pada beberapa konsentrasi pemupukan dapat meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman, diameter batang, bobot tanaman dan bobot akar tanaman karet dalam pembibitan root trainer.

Pemberian pupuk KNO3 secara umum menunjukkan pertumbuhan tanaman karet yang lebih tinggi dibandingkan pupuk urea. (RCP).

linkedinrssyoutubeby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published.