↑ Return to 1. Profil

1. Sejarah Balit Getas

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Balai Penelitian Getas – Salatiga, Jawa Tengah didirikan pada tanggal 1 Januari 1964 oleh BPU – PPN Karet. Pada mulanya, sesuai dengan surat keputusan BPU – PPN Karet No. 166/II/C/K tanggal 3 Desember 1963, namanya adalah Rubber Research Centre Merbuh yang berkedudukan di Merbuh, Kecamatan Boja, Kabupaten Semarang. Berdasarkan surat keputusan BPU – PPN Karet No. IIC/RC/SK/6822/64/K tanggal 10 Desember 1964 Research Centre Merbuh dipindah ke Getas – Salatiga, dan namanya berubah menjadi Rubber Research Centre Getas

Pada tanggal 28 Agustus 1968 terjadi reorganisasi dalam tubuh BPU – PPN Karet yang mengakibatkan pengelolaan Rubber Research Centre Getas (RRC Getas) diserahkan dari BPU – PPN Karet kepada PNP X, XI, XII, XIII, XVIII, XXIII dan XXVI. Berlandaskan Surat Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 289/Kpts/Um/7/1975 wilayah kerja RRC Getas diperluas meliputi PTP XXIX dan XXX, dan kegiatannya ditambah tidak hanya karet tetapi meliputi juga kelapa, kakao, kapok dan lain-lain. Berkaitan dengan itu nama Rubber Research Centre (RRC) Getas diubah menjadi Research Centre (RC) Getas.

Pada tanggal 9 Juni 1989 berdiri Asosiasi Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Indonesia (AP3I) yang mempersatukan 4 Research Centre termasuk RC Getas dan 5 Balai Penelitian Perkebunan kedalam satu wilayah yaitu AP3I. Pada saat itu pula nama Research Centre Getas diganti menjadi Pusat Penelitian Perkebunan Getas.

Berdasar Surat Keputusan Dewan Pengurus Harian AP3I No. 084/Kpts/DPH/XII/92 tanggal 24 Desember 1992, Pusat Penelitian Perkebunan (Puslitbun) yang mempunyai Penelitian Karet, yaitu 5 Puslitbun termasuk Getas dan Sebagian Puslitbun Bogor disatukan dalam satu wadah Pusat Penelitian Karet, yang berpusat di bekas Puslitbun Sungei Putih – Medan.

Puslitbun Getas merupakan bagian dari Puslit Karet dan berstatus sebagai Balai Penelitian. Dengan demikian Puslitbun Getas berubah namanya menjadi Balai Penelitian Getas.

Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutubeby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>