«

»

Briket Gambut Rawa Pening pada pembibitan Karet dalam Root trainer

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Media tanam berpengaruh besar terhadap pertumbuhan bibit tanaman karet. Media tanam yang biasa digunakan untuk pembibitan tanaman karet dalam wadah root trainer adalah sabut kelapa atau cocopeat. Kemampuan cocopeat sebagai media tanam untuk menyimpan hara dapat ditingkatkan dengan pemberian pupuk organik seperti gambut rawa. Salah satu bentuk aplikasi gambut rawa selain dengan dicampur secara langsung adalah metode pemadatan atau briket.

Untuk menentukan efektivitas pupuk organik briket gambut rawa yang diberikan, dihitung dengan menggunakan nilai RAE (Relative Agronomic Effectiveness). Pupuk dinyatakan efektif secara agronomi apabila memiliki nilai RAE di atas 100%, yang berarti pupuk tersebut dapat meningkatkan hasil lebih besar dibandingkan dengan peningkatan hasil pupuk pembanding terhadap kontrol. Perlakuan yang digunakan sebagai perlakuan pembanding atau memiliki nilai RAE 100% adalah perlakuan pupuk NPK cair.

Tabel 5. Pengaruh pupuk organik terhadap RAE (RelativeAgronomic Effectiveness)

Perlakuan

Treatment

RAE

………%………

Kontrol, tanpa pemupukan 0
Pupuk NPK cair 100
Pupuk organik briket 1 tablet + pupuk NPK cair 370
Pupuk organik briket 2 tablet + pupuk NPK cair 546
Pupuk organik briket 1 tablet + tanpa pupuk NPK cair 96
Pupuk organik briket 2 tablet + tanpa pupuk NPK cair 95

Perlakuan kombinasi pupuk organik briket 1 tablet atau 2 tablet dengan pupuk NPK cair menunjukkan RAE di atas 100%, yaitu 370% dan 546%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik briket gambut rawa pening dapat meningkatkan efektivitas pemupukan anorganik NPK. Hal tersebut dikarenakan pupuk anorganik dan organik tidak dapat saling menggantikan, tetapi dapat saling melengkapi.

 

Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutubeby feather

About the author

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>