«

»

KONTRIBUSI BIBIT KARET ROOT TRAINER SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN BALIT GETAS (BAGIAN 1)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Bibit karet root trainer merupakan inovasi yang diharapkan makin hari makin menyempurnakan teknologi pembibitan karet.  Inovasi teknologi ini memiliki keunggulan, baik dari sisi agronomi maupun finansial. Secara agronomi, bibit karet root trainer memiliki keunggulan diantaranya (i) memiliki lebih baik kualitas mutu agronomis dan fisiologis, (ii) memiliki perakaran lebih kompak dan kuat. Dari sisi finansial, teknologi bibit ini memiliki keunggulan, yaitu (i) efisien kebutuhan lahan selama proses pembibitan; (ii) pengangkutan menuju ke lokasi tanaman lebih mudah, muat lebih banyak dan lebih murah.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa inovasi teknologi pembibitan karet root trainer ini pada awalnya berasal dari India. Lantas oleh Dr Hananto Hadi pasca kunjungan kerja ke India beberapa tahun yang lalu (tahun 2011) mengadopsikan inovasi ini di Balit Getas. Selama mengembangkan teknologi ini di Balit Getas tentu ada kendala-kendala di lapangan. Namun tim peneliti Balit Getas terus sigap dan terus mengkaji serta meneliti guna mengantisipasi kendala yang kadang dijumpai, hingga akhirnya selama 2 tahun terakhir ini sudah mulai tahap komersial (walaupun kuantum penjualan masih kecil).

Guna lebih mengenalkan bibit karet root trainer dari Balit Getas ini kepada para pelaku bisnis karet, tim KHP Balit Getas akan lebih aktif mempromosikan melalui segala media promosi yang dipandang efektif. Selain tim KHP, peran dari seluruh karyawan Balit Getas juga sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan maksud tersebut. Secara operasional, salah satu peran yang dapat kita lakukan bersama adalah memanfaatkan media promosi yang saat ini masif diikuti oleh segala lapis masyarakat, yaitu website (www.balitgetas.com), facebook, whatsapp, instagram, dll [AR/02].

Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutubeby feather

About the author

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>