«

»

Kualitas Akar Bibit Karet Root trainer

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Salah satu metode pembibitan tanaman karet Hevea brasiliensis terkini adalah metode root trainer, yang menggunakan wadah berupa plastik keras berbentuk konus dengan volume sekitar 650ml. Karena ukuran yang kecil dan praktis, satu orang dewasa mampu membawa 20 bibit karet root trainer, sedangkan biasanya hanya mampu membawa 2 bibit polibeg konvensional.

Media Tumbuh Akar Kecil dan Sempit Identik dengan Akar Terganggu?

Ruang tumbuh akar bibit karet root trainer berupa ruang kerucut dengan diameter atas 7cm dan bawah 3cm terkesan sangat kecil dan sempit. Akibatnya, banyak penggiat budidaya tanaman karet mempertanyakan perihal performa bibit karet root trainer, khususnya tentang perkembangan akar dibandingkan dengan bibit polibeg ukuran 7-8 kg.

Kelemahan bibit karet konvensional adalah cukup banyak akar yang menembus polibeg, khususnya untuk bibit okulasi coklat dan tabela sehingga rentan terjadi tanaman yang layu (bahkan mati) saat dipindahkan. Hal tersebut tidak terjadi di dalam pembibitan root trainer, karena ada proses hardening untuk penguatan dan adaptasi tanaman sebelum dipindah ke lapangan.

Bentuk konus di dalam plastik root trainer dilengkapi dengan lajur khusus ke arah vertikal mempunyai 2 fungsi penting. Pertama adalah memberikan kemudahan saat melepas bibit ketika akan ditanam. Kedua adalah merangsang pertumbuhan akar tunggang dan lateral tumbuh memadat ke arah bawah sehingga saat ditanam di lapangan akan mendapat lengas tanah yang lebih baik, karena akar yang padat pada kedalaman hingga 30cm.

Perkembangan Akar Bibit Root Trainer Setelah Ditanam di Lapangan

Akar tanaman karet termasuk sangat baik dalam beradaptasi dengan ruang tumbuhnya. Di dalam root trainer yang sempit, akar tumbuh padat sehingga pemberian asupan hara dilakukan dengan memberikan pupuk cair konsentrasi rendah tetapi sering. Saat ditanam di lapangan yang telah dilengkapi dengan pupuk dasar yang cukup, akar tunggang bibit root trainer akan langsung melanjutkan tumbuh ke bawah. Adapun akar lateral akan tumbuh ke samping untuk menuju sumber hara dan bahan organik di kedalaman 0 hingga 30 cm [TW/04].

Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutubeby feather

About the author

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>