«

»

KUNCI SUKSES PENERAPAN LFT: PRODUKTIVITAS VS PROFITABILITAS

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Frekuensi sadap rendah atau sering dikenal dengan istilah LFT (Low Frequency of Tapping) sangatlah diharapkan oleh para pebisnis karet sebagai solusi atas permasalahan pada saat ini, yaitu rendahnya harga karet dan/atau langkanya tenaga kerja sadap. Berbicara tentang LFT, maka perlu diperhatikan faktor ikutan lainnya agar produktivitas (kg/ha/th) tidak turun signifikan, atau justru profitabilitas tidak tercapai secara memadai. Tabel di bawah ini mensimulasikan agar penerapan LFT (misalnya d4 atau d5) berdampak positif terhadap produktivitas dan profitabilitas usaha karet.

Berdasarkan Tabel tersebut, setidaknya ada 2 kunci sukses di dalam penerapan LFT:

  1. Jika berorientasi terhadap produktivitas yang tetap, maka perlakuan LFT harus dapat menaikkan GTT.

Agar produktivitas (kg/ha/th) pada perlakuan LFT setara dengan penyadapan normal (d3), idealnya harus ada kenaikan GTT dibandingkan d3, yaitu minimal 133,3% pada d4, atau 166,7% pada d5. Untuk mencapai tujuan itu, perlu perlakuan khusus misalnya penggunaan stimulan. Hasil penelitian Mudita et al, (2017) di kebun Batujamus PTPN IX menunjukkan bahwa kenaikan GTT d4 bisa >133,3% pada saat diaplikasi stimulan 5,0% setiap 2 kali/bulan (½Sd4.ET5,0%(2w)). Pada perlakuan d5 meskipun konsentrasi stimulan hingga 5,0%, namun belum mampu menaikkan GTT (hanya sekitar 135%). Dengan demikian, LFT d5 perlu rumusan perlakuan lain, karena konsentrasi stimulan yang dinaikkan ternyata belum efektif.

  1. Jika berorientasi terhadap profitabilitas yang memadai, maka perlakuan LFT bisa menjadi solusi namun harus tetap memperhatikan capaian produktivitas yang optimum

     Pada Tabel di atas, diketahui bahwa penerapan LFT dapat menekan rasio kebutuhan penyadap. Selain itu, biaya penyadapan juga dapat diturunkan sekitar 25% pada  d4, dan 40% pada d5. Namun jika penurunan biaya tersebut tidak diimbangi dengan capaian produktivitas yang optimum, maka profitabilitas yang memadai mustahil dicapai.

facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutubeby feather

About the author

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>