«

»

Mekanisme Fisiologis Kering Alur Sadap (KAS)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Kering alur sadap (KAS) adalah gangguan fisiologis yang mengakibatkan tanaman karet (Hevea brasiliensis Muell. Arg) tidak mampu mengeluarkan lateks pada saat dilakukan penyadapan karena terjadi penyumbatan pada jaringan pembuluh lateks. Secara morfologi gejala KAS diawali oleh terjadinya perlambatan aliran lateks, penurunan kadar karet kering (KKK), dan kekeringan pada sebagian alur sadap atau disebut KAS sebagian (parsial). Apabila hal itu berlanjut, alur sadap akan mengering, kulit mengalami nekrosis, dan akhirnya pecah – pecah. Kejadian ini sering disebut sebagai KAS total.

Intensitas sadap tinggi dan penggunaan stimulan berlebih merupakan sebuah fenomena cekaman oksidatif bagi tanaman karet. Cekaman oksidatif telah diketahui mengubah jalur metabolisme normal di jaringan sehat dengan cara memicu rentetan proses degeneratif. Proses degeneratif yang terjadi memicu aktivitas enzim – enzim tertentu untuk – membentuk senyawa radikal bebas, seperti O2, OH. Senyawa tersebut menyebabkan membran inti sel dan membran lutoid mudah rusak, sehingga terjadi koagulasi lateks dalam jaringan pembuluh lateks. Kerusakan membran yang menyebabkan lutoid pecah, menjadikan senyawa yang bersifat asam tersebut menyebar dalam sitosol sel, sehingga terjadi penurunan pH. Penurunan pH tersebut mengakibatkan terjadinya koagulasi di dalam sel pembuluh lateks melalui pembentukan matriks–matriks partikel karet. Di sisi lain, terbentuknya radikal bebas menyebabkan reaksi biokimia dan metabolisme sel serta fungsi enzim tersebut terganggu, sehingga terjadi penumpukan sukrosa, HMG CoA dan Mevalonat. Kondisi tersebut menyebabkan sel pembuluh lateks mengalami penyumbatan dan menjadi sel tilosoid. Sel–sel tilosoidkemudian melebar ke arah sel–sel yang lain dan semakin meluas, sehingga akhirnya kulit tersebut mati dan lateks tidak mengalir. Bidang sadap yang memiliki jaringan tilosoid ini pada awalnya hanya menunjukkan KAS parsial, dan akan berkembang menjadi KAS total jika tidak ada penanganan.

Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutubeby feather

About the author

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>