«

»

MENGAPA HARUS KARET ALAM?

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

Karet alam dihasilkan dari tanaman karet Hevea brasiliensis. Tanaman karet menghasilkan lateks yang berwarna putih hingga kekuningan dan berbentuk cairan yang keluar dari pembukaan pembuluh lateks melalui proses penyadapan (penyayatan kulit tanaman karet). Cairan tersebut disebut lateks dan selanjutnya diproses dan diklasifikasikan  menjadi berbagai macam, antara lain : (1) Bahan olah karet, (2) Karet konvensional, (3) Lateks pekat, (4) Karet bongkah, (5) Karet spesifikasi teknis, (6) Karet siap olah, dan (7) Karet reklim.

Di Indonesia, karet diusahakan oleh pekebun karet rakyat, negara dan swasta. Pengusahaan karet didominasi oleh pekebun karet rakyat, oleh karena itu banyak petani karet yang bergantung hidupnya pada komoditas karet. Karet sudah menjadi sumber mata pencaharian banyak pihak sejak dahulu kala, mulai dari sektor hulu hingga hilir. Nilai ekspor di tahun 2018 periode Januari-Agustus mencapai 4,4 milyar US$ (BPS, 2018).

Karet alam memiliki banyak keunggulan, sehingga senantiasa tetap dibudidayakan dan dimanfaatkan hingga saat ini. Industri ban merupakan pengguna terbesar karet alam. Beberapa jenis ban meskipun dalam pembuatannya membutuhkan karet sintetis, namun komposisi karet alam lebih besar daripada karet sintetis.

Karet alam juga memiliki sejuta manfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia di berbagai aspek kehidupan manusia yaitu ban kendaraan, bahan bangunan, rumah tangga, kesehatan, perlengkapan alat pabrik, dan alat perang. Selain itu, juga dengan pemanfaatan lahan kebun karet di bagian gawangan dapat diberdayakan untuk menanam tanaman pangan. Jika saatnya peremajaan karet, kayu karet dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar di pabrik pengolah sheet, dan furniture [TW/04].

Facebooktwitterlinkedinrssyoutubeby feather

About the author

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>