↑ Return to 5. Produk Unggulan

Pupuk FertilO

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Pupuk FertilO merupakan pupuk organik yang diformulasikan dengan salah satu fungsinya sebagai pencegah jamur akar putih (JAP). Mekanisme pencegahan yang terjadi yaitu dengan mempercepat proses dekomposisi bahan organik (dekomposer) dan penghambatan secara langsung melalui kolonisasi areal yang diaplikasikan (antagonis). Pupuk FertilO adalah produk hasil penelitian dan pengembangan antara Balai Penelitian Getas bersama PT. Polowijo Gosari.

Pupuk Fertilo mengandung empat bahan aktif yang berfungsi sebagai pencegah JAP, yaitu terdiri atas jamur antagonis Trichoderma viride, T. koningii, T. harzianum dan satu isolat Trichoderma lokal terpilih. Trichoderma adalah jamur antagonis yang potensinya sudah dikenal secara luas untuk mengendalikan berbagai penyakit tanaman, misalnya penyakit white rot pada bawang, mati pucuk pada terong, busuk akar Pythium pada creeping bent grass, serta hawar daun dan akar pada mentimun. Cara kerja dan tipe penghambatan Trichoderma yang paling umum diketahui yaitu mikoparasitisme dan produksi antibiotik/toksin, kompetisi ruang dan nutrisi, menghasilkan enzim tertentu, induksi ketahanan tanaman, metabolisme stimulan perkecambahan dan mekanisme tambahan yang berkorelasi dengan ketahanan tanaman terhadap penyakit.

Setiap gram pupuk organik Fertilo mengandung bahan aktif minimal 8×105 spora hidup Trichoderma.

Keempat bahan aktif tersebut sangat efektif sebagai pengendali JAP. Pengujian telah dilakukan di laboratorium, penghambatan JAP oleh bahan aktif Fertilo menunjukkan hasil yang sangat baik, dibandingkan dengan JAP yang tidak diberi perlakuan. Pengujian pada pembibitan polibeg juga menunjukkan hasil yang sama.

Pupuk FertilO merupakan pupuk organik yang mengandung hara makro NPK yang terbuat dari bahan alami dan mikroorganisme terpilih.

3 Manfaat Pupuk Organik FertilO

A. Mencegah Jamur Akar Putih/ Busuk Akar

Pupuk Fertilo mengandung empat bahan aktif yang berfungsi sebagai pencegah JAP, yaitu terdiri atas jamur antagonis Trichoderma viride, T. koningii, T. harzianum dan satu isolat Trichoderma lokal terpilih (Sumatera, Jawa dan Kalimantan).

B. Dekomposisi bahan organik

Kombinasi Jamur Trichoderma yang terpilih mampu mendegradasi lignin secara ektensif menjadi CO2 dan H2O. Mikroorganisme ini juga mampu menguraikan semua polimer-polimer utama seperti selulosa dan hemiselulosa. Pada proses dekomposisi mampu mempercepat penurunan rasio C/N sehingga unsur hara cepat tersedia bagi tanaman.

C. Kesuburan Tanah

Fertilo sebagai humus akan membentuk muatan negatif tanah sehingga humus menjadi susunan koloid didalam tanah yang dapat meingkatkan kesuburan tanah dan menstimulir pertumbuhan perakaran baru pada tanaman.

 

   

 

 

Bentuk FertilO

 

Pabrik Pengepakan FertilO

 

FertilO

brosur Fertilo depan

facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutubeby feather

3 comments

  1. hudha setyawan

    Berapa harga pupuk FertilO nya ya ???

  2. Muh. Shadik

    Pupuk fertilo, nggak cocok yah dgn tanaman kakao

    1. admin

      untuk pupuk fertilo bisa ditanyakan ke formulatornya bp. Saiful (081377885824)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>