«

»

Peluang Bibit Root Trainer Stump Sebagai Alternatif Pengganti Bibit Okulasi Mata Tidur

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

   Pengembangan tanaman karet selama ini mengarah ke sistem Hutan Tanaman Industri (HTI) dan banyak dilakukan di Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Pengiriman bibit dalam bentuk siap tanam, jarang dilakukan karena sangat memakan biaya pengiriman sehingga jenis bibit yang sering dikirim adalah bibit okulasi mata tidir atau OMT. Pengiriman bibit dengan model OMT ini diklaim paling efisien karena sangat menghemat dari sisi biaya transport.

Namun pengiriman model OMT ini daya hidupnya cenderung rendah, dilaporkan kurang dari 50 % jika pengiriman bibit dari Sumatera dan lebih dari 50 % jika pengiriman bibit dilakukan dari Pulau Jawa. Hal tersebut sering di complain oleh pihak pembeli bibit. Untuk mengatasi hal tersebut alternatif bibit yang bisa digunakan adalah bibit karet Root Trainer Stump. Bibit model ini dari hasil percobaan di Balit Getas mampu memiliki daya tumbuh  90 %  – 100 %. Biaya pengiriman memang lebih mahal tetapi dengan daya tumbuh di atas 90 % tanpa ada stress pada tanaman merupakan alternatif penyediaan bibit yang cukup menarik untuk dikaji.

Facebooktwitterlinkedinrssyoutubeby feather

About the author

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>