↑ Return to 6. Publikasi

Seri Buku Saku

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Buku tentang budidaya tanaman karet telah banyak diterbitkan oleh lembaga penelitian maupun lembaga pendidikan, namun pedoman praktis dalam bentuk buku yang mudah dibawa ke lapangan masih jarang dijumpai. Balai Penelitian Getas telah menerbitkan pedoman praktis tentang budidaya tanaman karet dalam bentuk buku saku. Buku saku ini didesain menarik, full colour, berukuran kecil (9,5 x 14 cm) dan dijilid spiral, sehingga praktis dan mudah dibawa di lapangan. Uraian dalam tiap tahap pekerjaan budidaya disusun secara singkat dan jelas, sehingga mudah dipahami. Buku saku tersebut telah diterbitkan dalam 5 seri, yaitu :

Seri 01. Pengenalan dan Pengendalian Penyakit Tanaman Karet.

Seri 02. Pemupukan Tanaman Karet

Seri 03. Pembibitan Karet Unggul

Seri 04. Pedoman Pengambilan Contoh Tanah dan Daun di Perkebunan Karet

Seri 05. Manajemen Kebun Entres Karet

Semoga buku saku ini dapat menjadi salah satu pedoman praktis bagi para pekebun dalam pengembangan budidaya tanaman karet.

Berikut ini sekilas tentang isi buku saku tersebut:

Seri 01. Pengenalan dan Pengendalian Penyakit Tanaman Karet

Salah satu kendala utama dalam usaha perkebunan karet adalah penyakit. Buku saku seri Pengenalan dan Pengendalian Penyakit Tanaman Karet berisi informasi jenis penyakit yang sering menyerang tanaman karet, gejala, penyebab, faktor yang mempengaruhi perkembangan, dan cara pengendaliannya secara terpadu. Buku saku ini dilengkapi foto-foto berwarna sehingga memudahkan pembaca dalam mengidentifikasi dan mengengal jenis-jenis penyakit di perkebunan karet. Dilengkapi pula daftar pestisida anjuran untuk pengendalian penyakit tanaman karet.

Seri 01. Pengenalan dan Pengendalian Penyakit Tanaman Karet

Seri 02. Pemupukan Tanaman Karet

Pupuk diberikan untuk meningkatkan suplai hara bagi tanaman. Pemupukan dirancang secara seksama agar dicapai efisiensi maksimum, dan disusun rasional berdasarkan sifat tanah, kebutuhan tanaman dan faktor lingkungan. Sifat fisika tanah, biologi tanah, morfologi tanah, resiko erosi dan kondisi drainase perlu dipahami karena berkaitan dengan efisiensi dan efektivitas pemupukan. Pemupukan tanpa dukungan konservasi tanah, pengendalian gulma dan pengendalian penyakit, kurang bermanfaat. Di dalam buku saku ini dijelaskan cara pemupukan yang tepat pada tanaman karet.

Seri 02. Pemupukan Tanaman Karet

Seri 03. Pembibitan Karet Unggul

Buku saku seri Pembibitan Karet Unggul menjelaskan secara singkat dan jelas mengenai bahan tanam bermutu, prosedur pembibitan tanaman karet, mulai dari penyiapan benih untuk batang bawah, persemaian, penyiapan entres, teknis okulasi, hingga pembongkaran dan pengemasan bibit. Informasi yang benar tentang pembibitan tanaman karet sangat penting karena sekitar 60% produktivitas klon karet dipengaruhi oleh daya hasil ortednya (genetik). Selain aspek budidaya, produktivitas klon karet juga ditentukan oleh mutu fisiologis bibit klonal yang ditanam.

Seri 03. Pembibitan Karet Unggul

Seri 04. Pedoman Pengambilan Contoh Tanah dan Daun di Perkebunan Karet

Pemupukan yang rasional dan efisien memerlukan pendekatan kajian kesuburan tanah dan status hara tanaman. Analisis tanah dan daun merupakan salah satu parameter untuk penyusunan rekomendasi pemupukan. Hasil analisis tanah dan daun sangat dipengaruhi kondisi dan umur tanaman, waktu pengambilan contoh, dan pengeringan contoh. Dalam buku saku ini diuraikan tatacara mengenai pembentukan blok contoh tanah (Soil Sampling Unit, SSU) dan blok contoh daun (Leaf Sampling Unit, LSU), teknis pengambilan, pengeringan, dan pengiriman contoh daun/tanah.

Seri 04. Pedoman Pengambilan Contoh Tanah dan Daun di Perkebunan Karet

Seri 05. Manajemen Kebun Entres Karet

Penanaman klon karet yang mempunyai mutu genetik dan fisiologis unggul merupakan perihal penting untuk meningkatkan produktivitas tanaman, salah satunya diawali dengan pembangunan kebun entres. Tujuan pembangunan kebun entres adalah untuk membuat populasi tanaman karet klonal yang berasal dari klon anjuran, dan menyediakan mata okulasi prima dengan tingkat juvenilitas yang baik. Buku saku ini berisi informasi tentang: mutu genetik dan fisiologis entres, pembangunan dan pemeliharaan kebun entres, pemanenan entres, manajemen penunasan, dan proses sertifikasi kebun entres.

Seri 05. Manajemen Kebun Entres Karet

 

Untuk pemesanan hubungi kontak Balai Penelitian Getas.

facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutubeby feather

3 comments

  1. mochammad rizky

    halo, saya mau menanyakan tentang harga domestik dan harga internasional karet indonesia pada kurun waktu 1984 hingga 2012, apakah saya bisa melihat datanya? data tersebut untuk keperluan skripsi saya, terimakasih

    1. admin

      kalau harga karet per tahun, coba cek di BPS mas

  2. achmad himawan

    Mohon info tentang harga buku saku Seri 1. Pengenalan dan pengendalian penyakit pada karet. Bagaimana pembayarannya? Apakah hari Sabtu kantor Balit Getas buka? Saya ingin membeli bukunya. Matur nuwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>