«

»

PUPUK ORGANIK BRIKET GAMBUT RAWA PENING

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Pupuk merupakan kunci dari kesuburan tanah karena berisi satu atau lebih unsur untuk menggantikan unsur yang telah diabsorsi oleh tanaman. Pupuk anorganik tidak dapat menggantikan fungsi pupuk organik karena memiliki peran yang berbeda. Pupuk anorganik berperan menyediakan nutrisi dalam jumlah yang besar bagi tanaman. Sedangkan pupuk organik berperan menjaga fungsi media tanam agar unsur hara dalam tanah mudah

dimanfaatkan oleh tanaman, termasuk yang disediakan oleh pupuk anorganik. Pemberian dalam bentuk pupuk organik pada tanah juga dapat mengubah dan memperbaiki sifat-sifat tanah, baik fisik, kimia dan biologi tanah.

Salah satu sumber bahan organik yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik adalah gambut. Gambut merupakan tanah dengan bahan organik yang relatif tebal, selalu tergenang air dan biasanya ditemukan di daerah rawa-rawa yang terus menerus tergenang. Salah satu sumber bahan gambut yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah dengan luas antara 1.770 sampai 2.770 ha adalah Rawa Pening. Produksi biomassa eceng gondok sebagai sumber gambut di Rawa Pening sangat tinggi, mencapai 20 sampai 30,5 kg/m2 atau 200 sampai 300 ton/Ha.

Balai Penelitian Getas telah membuat pupuk organik dari gambut rawa pening dalam bentuk briket. Pupuk organik dalam bentuk briket memiliki keunggulan, yaitu lebih mudah dalam aplikasinya. Pemberian pupuk organik briket gambut rawa pening mampu meningkatkan efektivitas pemupukan anorganik pada pembibitan tanaman karet menggunakan media tanah di wadah polibeg maupun media cocopeat di wadah root trainer.

Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutubeby feather

About the author

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>